Thursday, June 01, 2023

Mangain Jessica Mila

Halo temans..

Dari awal April hingga akhir Mei 2023 ada pernikahan yang trending di dunia maya dengan hashtag #KupunyaMila . 

Ya pernikahan siapa lagi kalo bukan pernikahan Yakup Hasibuan dan Jessica Mila, dimana di dalam undangan nama Jessica Mila tertulis sebagai Jessica Mila Agnesia Damanik

undangan Yakup & Mila.

Ya karena sesungguhnya Jessica Mila sudah secara SAH berdasarkan hukum adat batak Simalungun sudah menjadi orang batak dengan mendapatkan boru (marga) Damanik.

Untuk mendapatkan marga tersebut harus melalui proses adat yang disebut sebagai MANGAIN.





Adapun Mangain sendiri berarti mengangkat anak (baik cowok ataupun cewek) dari suku lain dan diberikan marga agar menjadi orang batak. Dan biasanya pemberian marga ini mengikuti marga dari calon ibu mertua mempelai, dan juga yang menjadi orang tua angkat nya adalah abang atau adek dari calon ibu mertua.

Dari pengertian diatas maka Jessica Mila akan diberikan marga Damanik, karena ibunda Yakup Hasibuan bermarga Damanik dan yang dipilih untuk menjadi orang tua angkat nya adalah abang (ito / boto) dari ibu mertua nya.






Kurang lebih demikianlah penjelasan acara Mangain Jessica Mila boru Damanik, untuk lebih jelas nya bisa di lihat pada cuplikan video #shorts diatas.

Terima Kasih.




No comments:

Post a Comment

Cara & Syarat Monetisasi Youtube for Beginner 2024

Halo semuanya.. Ya setelah gw bikin tulisan mengenai perjalanan mencoba menjadi Youtuber kecil-kecil an di bawah ini : Mencoba menjadi Youtu...